Monday, December 11, 2017

Cara Menghilangkan Virus Malware Trojan di Android Yang Tidak Bisa dihapus

Cara Menghilangkan Virus Malware Trojan di Android Yang Tidak Bisa dihapus
Android tidak aman dari malware. Malware tersebut bisa berjenis adware, trojan, ataupun jenis virus yang dapat merusak perangkat android anda. malware tersebut bisa disebabkan oleh iklan dari browser yang anda buka ataupun faktor lainnya. Semua perangkat bisa terkena virus ini mulai dari samsung, vivo, oppo, xiaomi bisa terinfeksi virus berbahaya ini. Anda bisa mencegah dan menghapus virus dari android yang terkena serangan malware dengan mengikuti panduan dibawah ini.

Cara melindungi ponsel Anda dari Malware

Seringkali sulit untuk mengetahui apakah Anda akan mendownload file berbahaya atau membuat ponsel Anda membahayakan. Dan, sementara beberapa perangkat lunak jahat akan mengganggu Anda dengan menguras daya tahan baterai atau menunjukkan iklan yang konstan kepada Anda, yang lain dapat tanpa terdeteksi dan diam-diam mencuri data Anda selama berbulan-bulan. Jadi, daripada menunggu sampai terlambat, disarankan untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah agar telepon Anda tidak terinfeksi.

Aplikasi anti-malware

Ada beberapa perdebatan tentang keefektifan aplikasi antivirus di Android, tapi lebih baik aman daripada menyesal. Aplikasi antivirus membantu pencegahan, deteksi dan penghapusan ancaman - namun ini juga dapat menguras daya tahan baterai dan kinerja baterai ponsel Anda. Kami telah mengumpulkan daftar aplikasi antivirus dan keamanan terbaik untuk Android di sini.

Tips Mengamankan Android anda dari segala malware

Matikan opsi untuk mengizinkan pemasangan aplikasi dari luar Play Store. Anda akan menemukannya di setelan Keamanan ponsel Anda, di mana Anda harus melarang sumber yang tidak dikenal.
Instal pembaruan segera setelah tersedia, karena mereka sering memperbaiki keamanan dan melindungi dari eksploitasi yang baru ditemukan daripada membahayakan data Anda.
Periksa izin aplikasi sebelum Anda mendownload aplikasi. Jika izin berada di luar cakupan fungsionalitas aplikasi, carilah alternatif.
Saat menggunakan Wi-Fi umum, pastikan untuk menggunakan VPN untuk melindungi data Anda.
Jika telepon Anda sudah menunjukkan tanda-tanda infeksi, langkah selanjutnya adalah mendeteksi masalah dan kemudian membuangnya.

Sumber yang tidak diketahui

Nonaktifkan pengaturan Unknown Source atau sumber tidak diketahui untuk keamanan yang lebih baik.Jika telepon Anda bertingkah aneh atau baterai terlalu cepat habis, mungkin saja Anda terkena virus atau jenis malware lainnya. Jika Anda melihat iklan konstan muncul, maka itu bisa jadi adware.

Antivirus dapat membantu deteksi ancaman dan identifikasi, namun ada beberapa cara lain untuk mengidentifikasi penyebab masalah Anda juga.


Mengidentifikasi adware

Jika iklan yang mengganggu muncul di atas aplikasi Anda, mudah untuk mengetahui aplikasi adware mana yang bertanggung jawab. Sejak Android 6.0 Marshmallow, dimungkinkan bagi pengguna untuk mengontrol aplikasi mana yang dapat "menarik lebih" orang lain atau mengubah tampilannya.


  • Di Setelan, lihat di bawah Aplikasi untuk Draw di aplikasi lain, dan di sana Anda akan menemukan daftar aplikasi yang memiliki izin itu.
  • Selanjutnya, ambil izin dari aplikasi yang mencurigakan di sini, atau bahkan menghapus aplikasi.


Cara menghapus malware dari ponsel Anda

Jika sebuah aplikasi mencurigakan, Anda dapat menggunakan proses di bawah ini untuk menghapusnya, tapi saya sarankan untuk menggunakan aplikasi antivirus juga. Aplikasi antivirus dapat membantu mencegah, mendeteksi dan menghapus ancaman.

Copot pemasangan aplikasi yang mencurigakan

Buka Setelan> Aplikasi, temukan aplikasi yang Anda yakini sebagai masalahnya. Kemudian Anda bisa uninstall di sini. Jika Anda tidak dapat mencopot pemasangannya, mungkin aplikasi tersebut memiliki hak administrator, yang harus diambil terlebih dahulu.

Beberapa aplikasi perangkat lunak perusak akan meminta hak administrator perangkat selama pemasangan, membuat mereka sangat sulit untuk mencopot pemasangannya. Dalam kasus aplikasi anti-pencurian atau anti-malware, yang sebenarnya ternyata merupakan perangkat lunak jahat pada akhirnya, otorisasi tampaknya dapat dibenarkan saat Anda memasangnya - jadi mudah untuk melihat bagaimana hal ini dapat terjadi. Mengambil hak itu mudah sekalipun.

  • Buka Pengaturan> Keamanan dan cari administrator Perangkat. Di sini, Anda akan melihat Pengelola Perangkat Android dalam daftar, namun ini tidak masalah.
  • Anda dapat menghapus izin dari aplikasi perangkat lunak jahat di menu ini, dan kemudian memungkinkan untuk mencopot pemasangannya.


Setelah Anda merasa telah menghapus aplikasi yang menyebabkan virus, restart telepon Anda dan kemudian periksa untuk melihat apakah ini normal lagi. Jika masalah berlanjut, cobalah aplikasi antivirus. Anda bahkan mungkin ingin mencoba lebih dari satu aplikasi anti-virus, karena mereka tidak dilengkapi untuk menangani ancaman yang sama. Itu akan membantu Anda lebih yakin bahwa ancaman tersebut benar-benar hilang.

Kesimpulannya, ponsel Android Anda tidak kebal terhadap ancaman seperti adware dan virus. Sementara malware tidak mungkin dihilangkan, tetap berada di sisi yang aman, Anda harus mendapatkan aplikasi antivirus. Ini akan menghemat sakit kepala dalam jangka panjang dengan mencegah masalah, selain itu mengidentifikasi dan menghapus yang sudah ada. Jika virus malware di android anda tidak bisa dihapus dan mengakibatkan ponsel menjadi semakin parah, anda bisa membawanya ke service center terdekat.

Related Posts

Cara Menghilangkan Virus Malware Trojan di Android Yang Tidak Bisa dihapus
4/ 5
Oleh